Keistimewaan yang Tersimpan di Balik 4 Sudut Kabah



Istilah Rukun Yamani, Rukun Iraqi, Rukun Aswad dan Rukun Syami pasti tak lagi terdengar asing bagi mereka yang pernah menunaikan ibadah haji atau umrah. Namun bagi Anda yang belum berkesempatan menginjakan kaki di Tanah Suci mungkin penasaran dengan istilah-istilah tersebut.

Keempat istilah itu berkaitan erat dengan Kabah di Kota Suci Mekah. Rukun secara harfiah bermakna 'sudut' atau 'pojok'. Dan istilah Rukun Yamani, Rukun Iraqi, Rukun Aswad, dan Rukun Syami masing-masing merupakan sebutan untuk keempat sudut Kabah.

Rukun Yamani dan Rukun Aswad, keduanya disebut juga dengan 'Dua Rukun Yamani' karena kedua rukun ini menghadap ke arah negeri Yaman.

Rukun Aswad lebih dikenal dengan Hajar Aswad atau Batu Hitam. Rukun ini dipandang sebagai sudut yang paling penting dan lebih dimuliakan di sisi Allah SWT karena memiliki nilai sangat istimewa. Para jemaah haji atau umrah biasanya mencium dan mengusap Hajar Aswad karena merupakan tempat paling mustajab untuk memohon ampun dan berdoa kepada Allah SWT.

Tak kalah istimewanya dengan Rukun Aswad, Rukun Yamani merupakan rukun yang posisinya sejajar dengan Hajar Aswad. Di sudut ini setiap jemaah yang Tawaf disunnahkan untuk menyalami atau mengusap dengan tangan kanan atau cukup dengan melambaikan tangan ke arah sudut ini dengan mengucap "Bismillah Wallahu Akbar".

Menurut riwayat dari Ibnu Abbas RA, Nabi Muhammad SAW hanya menyalami Hajar Aswad dan Rukun Yamani saja. Sementara Ibnu Umar RA mendengar Rasulullah SAW bersabda:"Sesungguhnya mengusap keduanya, yakni Hajar Aswad dan Rukun Yamani dapat menghapus dosa-dosa."

Dalam satu riwayat, Nabi SAW pernah bersabda bahwa setiap beliau melewati sudut ini kelihatan ada malaikat yang mengucapkan amin, sebagai jawaban dari doa beliau. Rukun Yamani ini juga dipercayai sebagai salah satu tempat yang sangat baik untuk berdoa, dengan cara meletakkan tangan kanan lalu meminta kepada Allah SWT apa yang kita inginkan.

Kemudian, dua rukun lainnya adalah Rukun Iraqi dan Rukun Syami. Kedua rukun ini disebut juga 'Dua Rukun Syamiani' karena posisinya mengarah ke negeri Syam yang sekarang meliputi semua negara di pantai timur Laut Tengah, seperti Yordania, Palestina, Suriah, dan Libanon.

Sumber : merdeka.com

Subscribe to receive free email updates: