Coba Ini! 6 Cara Agar Rajin, Istiqamah, Tidak Malas, Terbiasa Shalat Tahajud



Kenapa salat tahajud itu perlu kita rutinkan? Pertama, memang berdasarkan Shalat Tahajud merupakan shalat sunah mu’akad, yaitu shalat sunah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan (hampir mendekati wajib) dan Nabi Muhammad SAW pun tidak pernah meninggalkan shalat Tahajud sepanjang hidup beliau. Orang-orang saleh juga melakukan yang tidak jauh berbeda, yaitu selalu mengerjakan shalat Tahajud.


Shalat Tahajud yang dilakukan dimalam hari sekitar pukul 01.00 hingga menjelang shalat Subuh. Membuat shalat ini cukup sulit di istiqamahkan. Untuk itu perlu usaha lebih dan tentunya disertai keimanan kepada Allah SWT.


Lalu bagaimana agar kita senantiasa selalu bisa melaksanakan shalat ini? Berikut 


#Niat


Ya, ini adalah yang paling awal agar anda senantiasa dimudahkan oleh Allah SWT dalam menjalankan shalat sepertiga malam. Niatkanlah sebelum anda tidur.


#Tidur lebih awal


Ini adalah hal yang paling logis. Tidur lebih awal dan bangun lebih awal merupakan gaya hidup sehat yang diajarkan dalam Islam. Dengan tidur lebih awal, kemungkinan besar Anda pun bisa bangun tengah malam untuk mengerjakan shalat Tahajud. Sebisa mungkin hindari begadang jika tidak ada keperluan yang mendesak.


#Agar Selalu mengingat keutamaan shalat Tahajud


Simpanlah ini dalam diri anda. Ingatlah manfaat, faedah tahajud. Shalat Tahajud memiliki banyak keutamaan, baik untuk kehidupan di dunia maupun akhirat. Nabi Muhammad mencontohkan bahwa beliau tidak pernah meninggalkan shalat Tahajud.


Begitu pula para sahabat dan orang-orang saleh. Kesadaran mengenai hal ini akan menumbuhkan motivasi yang kuat untuk dapat mengerjakan shalat Tahajud, demi meraih keutamannya dan mencontoh teladan dari Rasulullah SAW, para sahabat, dan orang-orang saleh.


#Hindari terlalu banyak makan sebelum tidur


Beberapa penelitian di barat menyimpulan jika perut yang kenyang akan membuat Anda tidur sangat lelap sehingga akan sulit terbangun di tengah malam.


#Ajaklah orang terdekat untuk shalat Tahajud juga


Jika Anda belum bisa mendisiplinkan diri untuk mengerjakan shalat Tahajud seorang diri, Anda bisa mengajak teman, saudara, anak, atau istri/suami untuk sama-sama bangun shalat Tahajud. Cari ini dapat memotivasi Anda untuk lebih bersemangat mengerjakan shalat Tahajud.


#Nyalakan alarm


Ini pun hal yang logis anda lakukan. Jika Anda belum dapat terbangun sendiri di tengah malam untuk mengerjakan shalat Tahajud, Anda dapat menggunakan alarm jam atau HP untuk membangunkan Anda. Begitu terdengar bunyi alarm, segeralah bangkit dari tidur. Jika tidak, rasa malas akan mengalahkan Anda dan Anda pun akan tertidur kembali.

Sumber : vivpos.com

Subscribe to receive free email updates: