3 Cara Kelola Finansial dengan Gaji Kecil



Dalih uang tak cukup buat hidup satu bulan sebenarnya hanya dalih. Banyak orang mengeluh kenapa gaji mereka selalu habis di pertengahan bulan, padahal masih ada beberapa hari bahkan minggu yang harus mereka lalui sebelum gajian.

Biasanya, mereka beralasan karena gaji mereka terlalu kecil. Padahal, gaji kecil pun bakal cukup untuk hidup kalau kamu pandai mengaturnya. 

Selalu hitung. Bukan hanya membuat budget keuangan, tapi kamu juga harus selalu menghitung. Hitung uang yang kamu punya saat baru gajian. Hitung kebutuhan makan, ongkos, dan sewa indekos. Kalau kamu ingin jajan, kamu harus mencatatnya, meskipun hanya seribu perak

Tabungan. Jangan berdalih uangmu selalu habis untuk bayar ini dan itu. Meskipun sisa uangmu hanya sedikit setelah dipakai untuk keperluan sehari-hari, usahakan kamu menabung. Meskipun hanya seratus ribu per bulan, tak jadi masalah. Yang penting kamu mau menabung dan rutin. 

Jangan lupa dana darurat. Kamu pasti tidak tahu apa saja yang akan terjadi di kemudian hari. Mungkin, agak sulit mengalokasikan sebagian uangmu untuk dana darurat. Meskipun ada BPJS dan asuransi lainnya, sebaiknya kamu tetap menyisihkan uang jaga-jaga setiap bulan. 


sumber : .bintang.com

Subscribe to receive free email updates: