Sepuluh pekerjaan dengan gaji perempuan di atas pria



Kebanyakan studi menemukan ada kesenjangan pendapatan antaran pekerja pria dan wanita. Ini seperti diungkap Glassdoor dalam laporan yang diterbitkan, Rabu lalu.

Glasdoor adalah situs berbasis di Amerika Serikat yang gemar menampilkan hasil review gaji dan kondisi perusahaan dari banyak pegawai anonim. Dalam studinya, Glasdoor menemukan bahwa rata-rata gaji perempuan lebih rendah lima sen dari setiap satu dolar Amerika Serikat yang diterima pria.

Meskipun mereka memiliki posisi, kualifikasi, dan bekerja di perusahaan yang sama. Studi ini menganalisa 505 ribu review gaji dari pekerja penuh waktu di 25 sektor industri. Disesuaikan dengan faktor usia, pengalaman, perusahaan, negara, industri, tingkat pendidikan, dan gelar pekerjaan atau job title.

Kebanyakan pekerja perempuan tak bisa menemukan argumentasi kuat yang mendasari mereka mendapat gaji lebih kecil ketimbang pria.

"Uang dianggap sebagai batas akhir dari rasa malu," kata Sallie Krawcheck, Chief Executive Officer Ellevest, seperti dikutip Bloomberg, kemarin.

Menurut pendiri konsultan digital untuk wanita itu, pekerja cenderung segan untuk bicara terkait pendapatan dan investasi. Rasa itu dinilai menghalangi wanita untuk menyadari bahwa sebenarnya ada kesenjangan pendapatan antara pria dan wanita.

Andrew Chamberlain, Kepala Ekonom Glassdoor, menambahkan, perempuan mungkin tak menggunakan latar belakang pendidikan mereka sebagai modal negosiasi gaji.

"Kita bergerak menuju angkatan kerja dimana wanita yang memiliki pendidikan lebih baik ketimbang pria," katanya.

"Dan, jika wanita tak sepenuhnya paham nilai dari gelar pendidikan yang digenggam, mereka mungkin tak akan mendapatkan apa yang layak didapatkan."

Kesenjangan pendapatan umumnya terjadi di sektor pelayanan kesehatan. Wanita yang menjadi dokter gigi, psikolog, apoteker, teknisi medis, dan ahli kacamata menerima gaji 14 persen hingga 28 persen lebih rendah ketimbang pria dengan profesi sama.

Pada 2015, negara bagian California mengeluarkan regulasi guna memangkas kesenjangan gaji. Pekerja pria dan wanita yang memiliki substansi sama harus digaji setara.

Regulasi ini memilik tujuan ganda. Mengekspos gap pendapatan dan mendukung wanita merenegosiasi gaji sesuai perubahan kondisi pasar dan tingkat pengalaman.

Adapun sektor pekerjaan yang memiliki kesenjangan pendapatan minim adalah event coordinator. Perbedaannya hanya 0,2 persen.

Sebaliknya, ada sejumlah pekerjaan dimana perempuan mendapatkan gaji lebih tinggi ketimbang pria. Seperti, pekerja sosial, communication associate, social media representative, dan asisten riset.

Krawcheck menyarankan wanita untuk berani bernegosiasi soal gaji.

Berikut adalah sepuluh pekerjaan dimana pekerja perempuan mendapatkan bayaran lebih rendah dari setiap satu dolar AS yang didapat pria.

1. Computer programmer - 72 cents

2. Chef - 72 cents

3. Dentist - 72 cents

4. C-Suite - 72 cents

5. Psychologist - 73 cents

6. Pharmacist - 78 cents

7. CAD designer - 78 cents

8. Physician - 82 cents

9. Optician - 83 cents

10. Pilot - 84 cents

Sebaliknya, ini adalah sepuluh pekerjaan dimana perempuan bergaji lebih tinggi dari setiap satu dolar AS yang didapat pria.

1. Social worker - USD 1.08

2. Merchandiser - USD 1.08

3. Research assistant - USD 1.07

4. Purchasing specialist - US 1.06

5. Physician advisor - USD 1.02

6. Communications associate - USD 1.02

7. Social media - USD 1.02

8. Health educator - USD 1.01

9. Procurement - USD 1.01

10. Business coordinators and therapists-USD 1.01


sumber : .merdeka.com

Subscribe to receive free email updates: