Baca Sembilan Fakta Ini Dijamin Bikin Kamu Gak Berani Gigit-gigit Kuku Lagi




Sebagian orang memiliki kebiasaan aneh, salah satunya yaitu menggigit kuku. Konon, kebiasaan ini dilakukan sebagian orang untukmenghilangkan stress, kecemasan, ataupun kegugupan. Nah, perlu kalian tahu, kalau kebiasaan ini ternyata tak baik lho bila dibiarkan. Karena, kalian bisa saja harus berhadapan dengan fakta berikut ini ya 


1. Menggigit kuku sama dengan menggigit berbagai kuman


Tidak peduli berapa kali Anda mencuci tangan, dan memakai produk sabun antiseptik merek terkenal sekalipun, kuman masih akan hidup di bawah kuku kalian. Karena diantara semua bagian tubuh, tanganlah yang selalu bersentuhan langsung dengan benda.




Dengan kata lain, tangan, jari, sekaligus kuku-kuku kalian tentu saja akan tetap terkontaminasi dengan kuman. Oleh karenanya, mulai sekarang hentikan untuk menggigit kuku kalian. Karena tidak hanya kuman loh, tapi bakteri, jamur, dan berbagai jenis parasit lainnya secara tidak langsung kalian nikmati layaknya makanan.



2. Memindahkan berbagai kuman ke dalam mulut


Lalu, apa yang terjadi setelah mengunyah kuman dan sebangsanya ?. Tentu saja kalian sendiri yang secara sukarela mengangkut mereka ke dalam mulut kalian. Artinya, saat berbagai kuman di kuku yang tergigit itu sudah masuk ke dalam mulut, mereka pun leluasa untuk memasuki system pencernaan kalian.




Pada 2007, sekelompok ilmuwan Turki melakukan eksperimen pada 59 orang, yaitu gabungan antara orang yang suka menggigit kuku dan tidak. Eksperimen ini bertujuan untuk melihat seberapa besar jumlah bakteri yang dipindahkan dari kuku ke dalam mulut. Setelah mengambil air liur setiap sampel, hasilnya pun cukup mengkhawatirkan.




Dimana, E. coli terdapat sebanyak 76% di air liur sampel yang suka menggigit kuku, dan untuk yang tidak mengigit kuku hanya terdapat sekitar 26,5% saja. Padahal, E. coli ini cukup berbahaya karena bisa menyebabkan diare dan muntah.



3. Dapat menyebabkan herpes


Seperti diatas, bahwa tidak hanya kuman dan bakteri yang bisa kalian pindahkan ke dalam mulut dengan menggigit kuku, tapi berbagai jenis parasit juga bisa kalian pindahkan.
Jadi jangan heran, jika suatu ketika bibir kalian akan lecet bahkan berakhir dengan luka layaknya penyakit herpes.



4. Gigi yang kuat pun dapat rusak


Kebiasaan menggigit, menggerogoti, atau menggerus kuku dengan gigi, dapat menyebabkan lapisan luar gigi juga rusak. Karena, kuku dan gigi bergesekan secara bersama-sama, jadi ada saja potensi keduanya untuk rusak dan hancur, apalagi jika dilakukan secara terus-menerus. Dalam beberapa kasus, hal ini bisa menyebabkan fraktur gigi, gigi yang bergerigi, dan beberapa kasus langka bahkan kehilangan gigi.



5. Untuk yang menggunakan kawat gigi, hati-hati!


Jangan coba-coba untuk melakukan kebiasaan menggigit-gigit kuku kalian jika menggunakan kawat gigi. Karena hal ini bisa memicu jari-jari atau daerah sekitar kuku kalian terluka. Belum lagi dengan kemungkinan bahwa kawat gigi yang kalian gunakan bisa saja rusak.



6. Memiliki napas yang bau


Napas bau bisa terjadi karena bakteri yang ada pada air liur dan mulut kalian. Jadi, saat kalian mulai menggigit kuku dan memindahkan bakteri kedalam mulut kalian, maka kecenderungan bakteri menetap di mulut kalian juga cukup besar. Makanya, napas pun menjadi bau. Parahnya lagi, jika kalian tetap melakukan kebiasaan menggigit kuku, menggunakan pencuci mulut atau penyegar berapa kali pun tidak akan membuat si napas bau itu akan pergi.



7. Dapat menyebabkan jari dan kuku bernanah


Menggigit kuku sampai terbuka dan terluka bisa memicu jari kalian akan bernanah. Hal ini salah satunya disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus, yang mampu masuk ke pori-pori terbuka dan bisa menyebabkan ada nanah di sekitar jari dan kuku yang terluka tersebut.



8. Kalian bisa percantik kuku dengan cat kuku, tapi tidak untuk dimakan


Sebagian wanita yang ingin cantik, mengecat kuku dapat dijadikan salah satu pilihan yang baik. Karena dengan mengecatnya, kuku akan menjadi lebih indah dan cantik, apalagi saat ini sudah banyak jenis dan model nail art yang lucu-lucu. Tapi perlu diingat, bagi kalian yang memiliki kebiasaan menggigit kuku dan senang mengecat kuku, jangan coba-coba untuk menggigit kuku kalian. Karena, cat kuku sendiri mengandung bahan kimia yang berbahaya, bahkan beberapa diantaranya mengandung formalin. Dengan kata lain, jika kalian tetap bersikeras melakukan kebiasaan itu, jelas tidak hanya bakteri melainkan racun pun kalian masukkan kedalam tubuh.



9. Kuku Anda tidak akan pernah tumbuh kembali dengan normal


Kuku memiliki daerahnya sendiri untuk terbentuk dan tumbuh. Lalu bagaimana jika kalian sering menggigit-gigit kuku?.

Tentu, daerah tumbuh kuku tersebut juga ikut rusak, dengan kata lain kuku kalian akan tumbuh dengan tidak sempurna bahkan bisa jadi sangat terlihat buruk untuk dipamerkan keteman-teman.

Sumber : warungkopi.okezone.com

Subscribe to receive free email updates: