5 Penemuan Muslim yang Mengubah Dunia



Kopi

1,6 Milyar cangkir kopi dikonsumsi setiap hari di seluruh dunia. Miliaran orang mengkonsumsi minuman itu dalam rutinitas sehari-hari mereka. Namun, sangat sedikit orang yang menyadari asal-usul Muslim minuman di mana-mana ini.
Menurut catatan sejarah, di tahun 1400-an kopi menjadi minuman yang sangat populer di kalangan umat Islam di Yaman, di Semenanjung Arab selatan. Sebuah legenda mengatakan bahwa seorang gembala (beberapa mengatakan di Yaman, beberapa mengatakan di Ethiopia) memperhatikan bahwa kambingnya menjadi sangat energik dan gelisah ketika mereka makan biji dari pohon tertentu. Gembala itu kemudian memberanikan diri untuk mencoba sendiri, kemudian mereka melihat bahwa minuman itu memberinya dorongan energi. Seiring waktu, tradisi memanggang kacang dan membenamkan mereka di dalam air untuk membuat minuman asam dikembangkan, dan dengan demikian, lahirlah kopi.

Terlepas dari benar atau tidaknya kisah gembala tersebut terjadi, kopi berasal dari dataran tinggi Yaman yang menyebar ke seluruh Kekaisaran Ottoman, kerajaan Muslim terkemuka abad ke-15. Kedai kopi yang mengkhususkan diri dalam minuman, baru mulai bermunculan di seluruh kota-kota besar dunia Muslim: Cairo, Istanbul, Damaskus, Baghdad. Dari dunia Muslim, minuman itu kemudian menyebar ke Eropa melalui pedagang di kota besar seperti Venesia.

Meskipun pada awalnya otoritas katolik mengecam sebagai “minuman Muslim”, kopi kemudian menjadi bagian dari budaya Eropa. Kedai-kedai kopi dari tahun 1600-an menjadi tempat di mana para filsuf bertemu dan membahas isu-isu seperti hak-hak manusia, peran pemerintah, dan demokrasi. Diskusi sambil meminum kopi melahirkan apa yang menjadi pencerahan, salah satu gerakan intelektual yang paling kuat dari dunia modern.

Dari Yaman/gembala Ethiopia, kemudian membentuk pemikiran politik Eropa untuk lebih dari 1 milyar cangkir konsumsi kopi per hari, inovasi Muslim ini adalah salah satu penemuan paling penting dari sejarah manusia.

Aljabar

Sementara banyak siswa sekolah menengah berjuang melalui kelas matematika dan tidak terlalu menghargai pentingnya aljabar, padahal itu adalah salah satu kontribusi paling penting dari masa Golden Age Islam ke dunia modern.

Aljabar ini dikembangkan oleh ilmuwan besar dan matematikawan, Muhammad bin Musa al-Khawarizmi, yang tinggal 780-850 di Persia dan Irak.

Dalam buku monumentalnya, Al-Kitab al-Mukhtasar fi hisab al-jabr wa-l-muqabala (English: The Compendious Book on Calculation by Completion and Balancing)), ia membentuk prinsip-prinsip dasar persamaan aljabar. Nama buku itu sendiri mengandung kata “al-jabr”, yang berarti “selesai”, dari mana kata latin aljabar berasal.

Dalam buku itu, al-Khawarizmi menjelaskan bagaimana menggunakan persamaan aljabar dengan variabel yang tidak diketahui untuk memecahkan masalah dunia nyata seperti perhitungan zakat dan pembagian warisan. Aspek unik dari alasannya untuk mengembangkan aljabar adalah keinginan untuk membuat perhitungan yang diamanatkan oleh hukum Islam agar lebih mudah untuk menyelesaikan persoalan di dunia tanpa kalkulator dan komputer.

Buku al-Khawarizimi ini diterjemahkan ke dalam bahasa Latin di Eropa pada 1000-an dan 1100-an, di mana ia dikenal sebagai Algoritmi (kata algoritma berdasarkan nama dan karya matematika). Tanpa karyanya dalam mengembangkan aljabar, aplikasi praktis modern matematika, seperti teknik, tidak akan mungkin terealisasi. Karya-karyanya digunakan sebagai buku pelajaran matematika di universitas-universitas Eropa selama ratusan tahun setelah kematiannya.

Universitas

Berbicara tentang perguruan tinggi, yang juga merupakan penemuan dimungkinkan oleh dunia Muslim. Di awal sejarah Islam, masjid merangkap sebagai sekolah. Imam Masjid akan mengajar kelompok siswa tentang ilmu-ilmu Islam seperti Quran, fiqh (yurisprudensi), dan hadits. Ketika dunia Muslim tumbuh, dirasa perlu ada lembaga formal, yang kemudian dikenal sebagai madrasah, yang didedikasikan khusus untuk pendidikan siswa.

Madrasah resmi pertama adalah al-Karaouine, didirikan pada 859 oleh Fatima al-Fihri di Fes, Maroko . Sekolahnya menarik beberapa ulama terkemuka Afrika Utara, serta siswa-siswa terbaik di negara itu. Di al-Karaouine, siswa diajarkan oleh guru selama beberapa tahun dalam berbagai mata pelajaran mulai dari sekuler ke ilmu-ilmu agama. Pada akhir program, jika guru menganggap siswa mereka memenuhi syarat, mereka akan memberi mereka sertifikat dikenal sebagai ijazah, yang mengakui bahwa siswa memahami materi dan sekarang memenuhi syarat untuk mengajar itu.

Pemberian gelar dari lembaga pendidikan kepada siswa ini, dengan cepat menyebar ke seluruh dunia Islam. Universitas Al-Azhar yang didirikan di Kairo pada 970, dan di 1000, Seljuk kemudian mendirikan puluhan madrasah di seluruh Timur Tengah. Konsep lembaga yang memberikan sertifikat akhir (ijazah) menyebar ke Eropa melalui Muslim di Spanyol, di mana siswa Eropa akan melakukan perjalanan untuk melakukan studi di sana. Universitas Bologna di Italia dan Oxford di Inggris yang didirikan pada abad ke-11 dan 12 dan meneruskan tradisi Muslim, yakni pemberian gelar kepada siswa yang pantas, dan menggunakannya sebagai kualifikasi seseorang dalam mata pelajaran tertentu.

Marching Band Militer

Banyak siswa yang menghadiri sekolah tinggi dan universitas di dunia Barat yang akrab dengan marching band. Terdiri dari sekelompok beberapa ratus musisi, band melakukan pawai ke lapangan selama acara olahraga untuk menghibur penonton dan menghibur para pemain. Marching band sekolah ini dikembangkan dari marching band militer selama Zaman Gunpowder di Eropa, yang dirancang untuk mendorong prajurit selama pertempuran. Tradisi ini memiliki asal-usul dalam band mehter Ottoman dari 1300-an yang membantu membuat tentara Ottoman salah satu yang paling kuat di dunia.

Sebagai bagian dari korps elit Janissary dari Kekaisaran Ottoman, tujuan mehter band adalah untuk bermain musik keras yang akan menakuti musuh dan mendorong sekutu. Menggunakan drum besar dan bentrok simbal, suara yang dibuat oleh band mehter bisa merupakan peregangan otot sebelum melakukan perjalanan. Selama penaklukan Balkan oleh Ottoman selama berabad-abad antara abad ke 14 hingga abad ke 16, band mehter disertai tentara Ottoman yang menakutkan, yang tampaknya hampir tak terkalahkan bahkan dalam menghadapi aliansi besar Eropa.

Akhirnya, Kristen Eropa juga menggunakan band militer untuk menakuti musuh. Sebuah legenda mengatakan bahwa setelah pengepungan Ottoman dari Wina tahun 1683, tentara Ottoman yang mundur meninggalkan puluhan alat musik, yang oleh Austria dikumpulkan, dipelajari, dan dimanfaatkan oleh mereka sendiri. Tentara di seluruh Eropa segera mulai menerapkan marching band militer, merevolusi cara perang bertempur di Eropa selama berabad-abad.

Kamera






Sulit membayangkan dunia tanpa fotografi. Miliar dolar perusahaan seperti Instagram dan Canon didasarkan pada gagasan menangkap cahaya dari adegan, menciptakan sebuah gambar dari itu, dan mereproduksi gambar itu. Namun hal ini tidak mungkin tanpa kerja trailblazing ilmuwan Muslim abad ke-11, Ibn al-Haytham, yang mengembangkan bidang optik dan menggambarkan bagaimana pekerjaan kamera pertama kalinya.

Bekerja di kekaisaran Kairo pada awal 1000-an, Ibn al-Haytham adalah salah satu ilmuwan terbesar sepanjang masa. Untuk mengatur kemajuan ilmiah, ia mengembangkan metode ilmiah, proses dasar dimana semua penelitian ilmiah dilakukan. Ketika ia dijadikan sebagai tahanan rumah oleh Fatimiyah penguasa al-Hakim, ia memiliki waktu dan kemampuan untuk mempelajari karya tentang cahaya. Penelitiannya sebagian difokuskan pada bagaimana lubang jarum pada kamera bekerja. Ibn al-Haytham adalah ilmuwan pertama yang menyadari bahwa ketika sebuah lubang kecil dimasukkan ke sisi kotak lightproof, sinar cahaya dari luar diproyeksikan melalui bahwa lubang jarum ke dalam kotak dan ke dinding belakang itu. Dia menyadari bahwa semakin kecil lubang jarum (aperture), maka kualitas gambar yang lebih tajam didapat, dia memberikan kemampuan untuk membangun kamera yang sangat akurat dan tajam saat mengambil foto.

Penemuan Ibn al-Haytham mengenai kamera dan bagaimana memproyeksikan dan menangkap gambar menyebabkan perkembangan modern dari kamera di sekitar konsep yang sama. Tanpa penelitiannya bagaimana cahaya bergerak melalui lubang dan diproyeksikan oleh mereka, mekanisme modern di dalam kamera semua orang tidak akan pernah ada.


Sumber : islampos.com

Subscribe to receive free email updates: