Tanda Cinta Bayi pada Ibunya



Memiliki anak adalah hal yang paling membahagiakan bagi setiap wanita. Anda pasti akan mencurahkan seluruh cinta serta perhatian kepada Si Kecil tanpa kenal lelah. Tapi bagaimanakah Anda dapat mengetahui kalau ia pun mencintai Anda? Dilansir melalui Babycenter, ada 7 tanda Si Kecil menunjukkan cintanya kepada Anda. Berikut adalah ke-7 hal tersebut.

1. Si Kecil senang menatap mata Anda
Newborn sangat suka memperhatikan wajah semua orang, dan wajah Anda adalah favoritnya. Seorang neuroscientist Amerika, Lise Eliot, menyebutkan tatapan sepenuh jiwa yang diberikan Si Kecil kepada orangtuanya adalah insting pertahanan hidup yang tertanam dan diciptakan untuk menarik perhatian serta cinta dari orang yang mengasuhnya. Namun tidak hanya itu, tatapan itu adalah ungkapan awal cinta darinya untuk Anda karena ia sudah menyadari betapa penting arti seorang ibu dalam kehidupannya.

2. Si Kecil mengenali bau Anda
Berikan beragam bau-bauan kepada Si Kecil seperti wangi bunga, bau keringat orangtuanya, atau bau ASI Anda yang tertempel di kaus, maka ia pun langsung mendekati kaus tersebut. “Bahkan bayi yang baru berusia 1 minggu akan menolehkan kepalanya kepada bekas breast pad yang Anda pakai,“ ungkap Eliot. Ya, bagi bayi Anda, tidak ada yang lebih menyenangkan daripada wangi ASI ibunya.

3. Si Kecil tersenyum pada Anda
Pertama kali ia memberikan senyum termanisnya kepada Anda adalah momen termagis sepanjang kehidupan. Ini adalah sebuah ungkapan bahwa ia sangat mencintai Anda.

4. Si Kecil bicara kepada Anda
Eliot menjelaskan pertama kali Anda mendengar Si Kecil bicara, ia bukan berbicara kepada dirinya sendiri, melainkan kepada Anda. Ia akan menggunakan bahasa awal yang disebut protoconversation untuk berinteraksi, jadi jawablah ucapannya meski Anda tidak mengerti apa maksudnya.

5. Si Kecil ingin berada di dekat Anda
Setengah dari tahun pertama kehidupan Si Kecil, Anda akan mengenali saat ia kesal jika tidak sedang bersama Anda. Ia mungkin akan berjengit atau menangis saat Anda meninggalkannya dan langsung tersenyum saat Anda kembali. Itulah bentuk kalau ia merasa dekat dan mencintai Anda.

6. Si Kecil meniru Anda
Bila Anda sedang memperhatikan atau menyukai sesuatu, jangan heran jika Si Kecil melakukannya juga. Perilaku tersebut merupakan mutual attention, dan akan dimulai dari bayi masih kecil. Akan tetapi, perilaku ini akan semakin terlihat saat ia memasuki usia 9-12 bulan. “Ini merupakan tanda anak dekat dengan Anda dan mencari tahu apa saja yang menarik perhatian ibunya,“ tutur pediatrik asal Amerika Serikat, Harvey Karp.

7. Si Kecil menjadikan Anda tamengnya
Jangan heran bila Si Kecil menyembunyikan wajahnya ke dada Anda saat ada orang asing yang muncul di dekatnya. Fase stranger anxiety adalah hal yang normal terjadi pada bayi. Dengan ia mencari proteksi kepada Anda menandakan kalau ia menyayangi dan mempercayai Anda. (Sagar/OCH/Dok. M&B)


sumber : motherandbaby.co.id

Subscribe to receive free email updates: