Kalau Disimpan dengan Benar, Sayuran Hijau Bisa Tahan 1 Bulan! Ini Caranya




Sayuran hijau mengandung sejumlah zatgizi yang diperlukan tubuh, seperti vitamin, mineral, antioksidan, dan serat.

Agar kandungan gizi tidak hilang, simpan sayuran hijau dengan benar.

Sayuran hijau yang disimpan di dalam kulkas biasanya tidak dapat bertahan lama. Itu artinya, sayuran hijau akan cepat layu dan membusuk.

Namun, sayuran hijau yang cepat layu dan membusuk tersebut, bisa jadi karena penanganan sebelumnya yang kurang tepat dan benar.

Jika ditangani dengan benar, sayuran hijau akan tetap segar di dalam kulkas selama 1 bulan. Yuk, simak penanganan cara simpan sayuran hijau dengan benar berikut ini.

Pensortiran
Pilih sayuran hijau yang masih segar dan buang bagian yang sudah layu dan membusuk, atau yang mulai layu dan membusuk. Setelah itu, buang bagian akar sayuran hijau.

Pencucian
Cuci bersih sayuran yang baru saja dibeli dari pasar. Jika air bekas membersihkan sayuran masih terlihat kotor, ulangi terus membersihkan sayuran hingga tidak ada kotoran yang menempel lagi di sayuran.

Kemudian, masukkan sayuran ke dalam pengering salad, lalu keringkan hingga sayuran benar-benar kering.

Penyimpanan
Letakkan sayuran hijau yang sudah bersih di dalam wadah penyimpanan. Kemudian, tambahkan tisu kering di bagian atassayuran.

Tisu tersebut berfungsi sebagai penyerap cairan yang mungkin menguap dari sayuran, dan menghindarinya membasahi sayurankembali. Sehingga, sayuran tidak cepat busuk.

Lalu, tutup wadah dengan plastik dan lubangi. Bisa juga sayuranhijau dilapisi dan digulung dengan kertas roti atau handuk kering.

Keluarkan sayuran hijau yang akan dikonsumsi seperlunya saja. Jangan keluar masukkan sayuran hijau dari dalam kulkas.

Periksa setiap hari, apakah sayuran masih benar-benar hijau dan ganti tisu yang sudah basah dengan tisu kering.

Jika ada sayuran yang mulai membusuk, sebaiknya langsung dibuang. Agar tidak membuat sayuran hijau segar lainnya ikut membusuk dengan cepat.

Pembekuan
Ada banyak jenis sayuran hijau yang bisa disimpan di dalam kulkas, seperti kale, bayam, dan rocket salad.

Untuk sayuran hijau yang dibekukan harus dicuci terlebih dahulu, kemudian direbus selama 2 menit dalam air mendidih.

Setelah itu, pindahkan sayuran ke dalam wadah yang berisi air es, dan diamkan selama 2 menit, tiriskan. Lalu, masukkansayuran ke dalam wadah kedap udara dan bekukan di dalam freezer.

Sumber : tribunnews.com

Subscribe to receive free email updates: