Sudahkah Anda Berkeringat Hari Ini ? 6 Bahaya Kesehatan Jika Tubuhmu Tidak Berkeringat



Keringat adalah salah satu cara tubuh untuk mengeluarkan racun yang berbentuk cairan. Singkatnya, keringat atau berkeringat memang menyehatkan untuk tubuhmu.

Tak jarang berkeringat dianggap sebagai sesuatu yang memalukan. Terutama jika keringat yang kamu keluarkan memiliki aroma yang tidak menyenangkan.

Namun, apa jadinya jika tubuhmu tak mengeluarkan keringat? Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah jawabannya.

1. Suhu tubuh selalu panas

Tahukah kamu bahwa keringat memiliki manfaat untuk menurunkan suhu tubuh yang kepanasan? Jadi, saat kamu tidak berkeringat maka efek sampingnya adalah suhu tubuhmu akan selalu panas yang mampu menyebabkan beberapa gangguan penyakit.

2.Mudah terserang penyakit

Sangat sedikit orang yang tahu bahwa keringat sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebab saat kamu berkeringat, maka keringat membantu mengeluarkan racun berbahaya penyebab beberapa penyakit.

3.Berisiko terkena infeksi kulit

Saat kamu berkeringat, maka pori-pori tubuh membuka dan mengeluarkan racun penyebab infeksi kulit. Oleh karena itu mereka yang tidak bisa atau tidak pernah berkeringat cenderung akan mudah mengalami infeksi kulit.

4.Berisiko tinggi terkena batu ginjal

Berkeringat merupakan cara tubuh untuk mengeluarkan cairan yang mengandung garam di dalamnya. Sehingga saat kamu tidak berkeringat, maka jumlah kalium dan kalsium akan menumpuk dalam tubuh dan menyebabkan pembentukan batu ginjal.

5.Membuat jadi bad mood

Kamu sering merasa lebih bahagia setelah melakukan aktivitas fisik yang membuatmu berkeringat? Well, hal ini tidak berlebihan. Sebab saat kamu berkeringat, tubuhmu akan melepaskan hormon endorphin yang bisa membuatmu jadi lebih bahagia. Sehingga bisa dikatakan bahwa saat kamu tidak berkeringat, maka kamu jadi lebih mudah gloomy atau tidak mood.

6.Memperlama proses penyembuhan luka

Tahukah kamu bahwa kelenjar keringat mengandung sel induk yang membantu dalam mempercepat proses penyembuhan luka? Jadi, bisa dikatakan bahwa saat berkeringat maka seluruh luka di tubuhmu akan sembuh dengan cepat.

Siapa bilang keringat itu memalukan? Justru saat kamu tidak berkeringat, maka tubuhmu akan rentan sakit. Jadi, jangan malu untuk berkeringat!

Sumber : wajibbaca.com

Subscribe to receive free email updates: