Nabi Anjurkan Tidur Siang, Ternyata Ini 5 Manfaatnya untuk Kesehatan



Nabi sangat menganjurkan tidur siang. Tidur siang dalam istilah Hadis Nabi disebut dengan qailulah. Anjuran tidur siang tersebut terekam di antaranya dalam riwayat Sahal bin Sa’d yang berkata, “Kami tidak makan siang dan tidur siang kecuali setalah Jumat pada masa Nabi Saw.” (HR Bukhari dan Muslim).


Dikutip dari Islamweb.net, Fayumi dalam al-Mishbah al-Munir berpendapat bahwa qailulahitu tidur di waktu pertengahan siang. Sementara itu, Shan’ani berpendapat bahwa qailulahitu tidak harus tidur. Istirahat sejenak di siang hari juga termasuk qailulah.

Ulama berbeda pendapat terkait waktu qailulah itu sendiri. Menurut Syirbini, qailulah itu tidur sebelum bergesernya matahari tepat di atas kepala manusia (qablaz zawal). Namun bila merujuk hadis di atas, waktu qailulah itu justru setelah bergesernya matahari tepat di atas kepala manusia (ba’daz zawal). Terlepas dari perbedaan tersebut, ternyata tidur siang memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Ini 5 di antaranya:

1. Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Cnnindonesia.com melaporkan bahwa salah satu penelitian di Australia menunjukkan bahwa tidur siang dalam waktu 10 menit cukup untuk membantu pemulihan diri dari tidur malam terbatas. Menurut penelitian tersebut, orang yang tidur siang minimal dalam waktu 10 menit itu, dapat mengurangi rasa kantuk, meningkatkan fisik yang lebih kuat, dan menunjukkan kerja kognitif yang membaik selama 155 menit setelah tidur siang.

Kurangnya tidur dapat menyebabkan hormon kortisol meningkat yang dapat menyebabkan pelemahan terhadap sistem otot dan kekebalan tubuh. Akibatnya, hormon tersebut menyebabkan terjadinya penyakit diabetes dan jantung, seperti dikutip dari manfaat.co.id.

2. Menguatkan Daya Ingat Otak

Tidur malam atau tidur siang yang cukup dapat meningkatkan kewaspadaan hingga memperbaiki keterampilan motorik, serta konsolidasi persepsi, dan memori, seperti dikutip dari cnnindonesia.com.

Sebuah penelitian di Beijing University of Technology melaporkan manfaat tidur siang bagi atlet setelah pelatihan. Menurut penelitian tersebut, tidur siang dapat meningkatkan fungsi otak dan sistem visual, mendorong pemulihan fisik dan mental. Selain itu, tidur siang juga dapat meningkatkan kinerja memori otak. Artinya, tidur siang yang cukup dapat memperkuat daya ingat otak.

3. Mengurangi Stres

Sarah Conklin dan Ryan Brindle dari Allegheny University di Pennsylvania melakukan penelitian terkait tidur siang. Cronklin dan Brindle melibatkan 85 informan yang kemudian dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok yang melakukan tidur siang secara rutin minimal 1 jam sehari dan kelompok yang tidak melakukan tidur siang.

Hasilnya, kelompok yang melakukan tidur siang secara rutin mengurangi rasa stress, walaupun tidak signifikan. Selain itu, tidur siang secara rutin juga dapat memiliki interval nadi dan tekanan darah yang cenderung stabil, seperti dikutip Deherba.com.

4. Mencegah Berbagai Penyakit

Menurut suatu penelitian, tidur siang selama 30 menit minimal tiga kali dalam seminggu dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung. Hal ini dibuktikan oleh para peneliti yang mempelajari 23.681 orang yang tinggal di Yunani yang tidak memiliki riwayat penyakit jantung koroner, stoke atau kanker.

Penelitian tersebut membuktikan bahwa 37% orang yang melakukan tidur siang dengan cukup memiliki risiko kematian yang lebih rendah akibat penyakit jantung daripada mereka yang tidak tidur siang, seperti dikutip dari mediskus.

5. Mencegah Insomnia

Sebuah penelitian pada 2011 menyatakan bahwa melakukan tidur secara rutin di siang hari dapat mencegah terjadinya insomnia, seperti dikutip detik.com. Tidur siang membuat orang menjadi lebih bugar karena total waktu istirahatnya menjadi lebih lama.

Namun bagi seseorang yang telah terkena insomnia, tidur siang secara berlebihan justru tidak baik untuk kesehatannya, dan justru akan memperparah penyakit insomnianya itu.

Sumber : datdut.com

Subscribe to receive free email updates: