Lakukan Hal Ini Agar Transaksi E-Banking Anda Tidak Bocor



Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, terutama internet dan media digital, dunia perbankan pun ikut melangkah jauh ke depan. Salah satu layanan yang kini bisa dilakukan nasabah di manapun selama ada jaringan internet, adalah layanan e-banking.


Kalau tadinya kita harus mengantri di konter atau ATM untuk melakukan transaksi seperti transfer dana, ambil tunai, sampai membayar tagihan, kini semuanya bisa dilakukan di atas tempat tidur.
Bahkan kini, layanan e-banking kian berkembang kegunaannya. Seperti bisa jadi saluran membeli tiket pesawat, membayar tagihan belanja online, hingga membuka deposito.


Namun, dari semua keuntungan itu, ada saja oknum tidak bertanggung jawab yang bisa saja membobol akun Anda secara online. Agar transaksi e-banking tidak bocor dan tetap aman, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan:


* Hindari komputer umum, seperti komputer warnet atau unit yang disediakan di ruang publik seperti restoran. Jika Anda terpaksa harus membukanya, gunakan fitur peramban private yang tersedia di tiap browser. Dan jangan lupa untuk selalu log out setelah membuka akun bank Anda.
* Lakukan penggantian password secara berkala, seperti yang Anda lakukan terhadap pin ATM Anda. Gunakan kata sandi unik yang terdiri dari kombinasi huruf besar, kecil, dan angka. Hindari memakai tanggal lahir, nama anggota keluarga, atau apa pun yang mudah ditebak.
* Jangan pernah memberikan nomor PIN, ataupun password Anda pada siapapun, termasuk petugas bank. Bank yang baik tidak akan pernah menanyakan nomor PIN pun password. Jika perlu melakukan verifikasi, biasanya mereka hanya memastikan data seperti tanggal lahir atau nama ibu kandung.
* Pastikan Anda memasuki website resmi dari bank terkait. Jika ragu, hentikan aktivitas online Anda, dan minta petunjuk pada pihak bank melalui saluran resmi (misal, telepon atau kantor cabang terdekat).
* Lakukan pengecekan rutin terhadap akun bank Anda. Segera laporkan pada pihak bank bila ada transaksi yang mencurigakan, baik itu transaksi debit, maupun kredit.


Pada dasarnya melakukan transaksi e-banking itu aman, selama Anda tetap waspada. Bahkan, melakukan transaksi bank secara online justru memberikan Anda banyak keuntungan, misalnya kesempatan mendapatkan hadiah seperti pada program Untung Beliung BritAma dari BANK BRI, yang menawarkan kesempatan mendapatkan hadiah kalau banyak melakukan transaksi lewat jalur e-banking.


Hadiahnya beragam, mulai dari mobil mewah Mercedes Benz S-Class New S 400 L Exclusive dan beberapa unit mobil lain seperti Toyota Alphard, Honda HRV, dan Mobilio, ratusan unit sepeda motor Honda Beat, sampai ratusan emas berbobot 10 gram.


Cara memperbesar peluang mendulang keuntungan ekstra semacam ini, selain memperbanyak transaksi e-banking tadi, adalah dengan menambah jumlah saldo pada Tabungan BRI BritAma, Tabungan BRI BritAma Bisnis, ataupun Tabungan BRI Junio.
Ketiga aktivitas ini (transaksi e-banking, meningkatkan nilai saldo per bulan, dan pembukaan tabungan) perlu dilakukan agar nasabah mendapatkan BRI Point yang nantinya bisa ditukarkan dengan hadiah langsung atau diundi untuk peluang meraup hadiah yang lebih tinggi nilainya. Untuk mengecek BRI Point bisa dilakukan lewat SMS, aplikasi mobile banking BRI, ATM BRI, dan situs internet banking BRI yang bisa diakses lewat ib.bri.co.id.


Begitulah salah satu keuntungan tambahan dari layanan perbankan yang mengoptimalkan teknologi seperti e-banking. Selain memang nyaman dan praktis, program bank seperti Untung Beliung BritAma juga membuka peluang kita mendulang keuntungan tambahan di tengah kegiatan bertransaksi sehari-hari.

Sumber : beritasatu.com

Subscribe to receive free email updates: