INGAT YA! Jangan pernah Sentuh bagian Tubuh ini dengan Tangan Jika kamu tidak ingin Menyesal!



Bayangkan tubuh kita bagaikan kuil, memang Anda bisa menggunakannya, tapi ada beberapa bagian yang tidak bisa sembarangan kita sentuh dengan tangan.

Penelitian menunjukkan bahwa tangan berperan penting dalam terjadinya penularan kuman.

"Bahkan setelah mencuci tangan dengan bersih, tangan dan jari terus terkontaminasi ulang dari lingkungan sekitar," kata Kelly Reynold, pakar kesehatan masyarakat dari Universitas Arizona.

Hasil penelitian juga mengungkapkan, orang yang menggunakan cincin atau memelihara kuku lebih dari dua milimeter membawa lebih banyak mikroba di tangannya.

Karena itu, rajinlah mencuci tangan, terutama sebelum menyentuh makanan atau setelah selesai menggunakan toilet.

Selain itu, jauhkah bagian-bagian tubuh ini dari tangan Anda.

- Saluran telinga

Jangan pernah masukkan jari tangan atau benda lain ke dalam liang telinga. "Benda apa pun yang dimasukkan ke lubang telinga bisa merobek kulit yang melapisi saluran telinga," kata John K Niparko, ketua departemen bedah kepala dan leher. Jika Anda merasa gatal yang menetap di telinga atau gangguan lain, periksakan ke dokter. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari penumpukan lilin telinga, eskim, infeksi, dan sebagainya.

- Bokong

Bagian anus mengandung bakteri yang berbahaya. Setelah Anda buang air besar dan menyentuh bagian bokong, cucilah tangan dengan sabun di bawah air mengalir.

- Mata

Selain menggunakan lensa kontak atau mengambil partikel yang berada di mata, batasi tangan Anda dari menyentuh bagian mata. Kuman dan debu yang masuk ke mata bisa menyebabkan berbagai gangguan, mulai dari iritasi sampai infeksi.

- Hidung

Punya hobi mengorek-ngorek lubang hidung? Kurangilah mulai sekarang.
Penelitian menunjukkan, orang yang hobi mengupil cenderung memiliki bakteri Staphylococcus aureus yang bisa memperburuk luka terbuka.

Sumber : infosehat.online

Subscribe to receive free email updates: