6 Tanda Gangguan Mata Si Kecil



Indra penglihatan yang tidak sehat akan memengaruhi aktivitas Si Kecil setiap hari. Oleh karena itu, jaga kesehatan matanya sejak dini. Salah satunya dengan jeli melihat tanda-tanda gangguan mata yang terjadi, seperti berikut.

1. Bayi yang terlahir prematur dan berat badan rendah, biasanya terpapar oksigen tinggi sehingga mengalami masalah pada retina. Oleh karena itu, bawa Si Kecil ke spesialis mata untuk diperiksa.

2. Bola mata yang tidak normal sejak lahir dapat terlihat dari bentuk, ukuran, dan gerakan bola mata.

3. Saat usia bayi kurang dari 3 bulan, matanya tampak juling, karena ia masih belajar mengendalikan dan mengoordinasikan matanya. Di usia 4 bulan, pandangan mata biasanya akan menjadi lurus dengan sendirinya. Namun, apabila satu atau kedua matanya masih terlihat ke samping atau ke bawah dan ke atas, patut dicurigai ia mengalami juling.

4. Perhatikan apakah Si Kecil memiringkan kepala, memicingkan mata, dan bergerak mendekat ketika melihat suatu objek. Jika ya, mungkin ada gangguanya pada matanya.

5. Jika mata Si Kecil terlihat seperti mata kucing, bisa jadi merupakan gejala tumor mata. Bawa anak ke dokter mata saat melihat gejala tersebut.

6. Mata sering merah, berair, dan mengeluarkan kotoran atau belekan adalah petanda kalau mata Si Kecil mengalami gangguan.

Sumber : motherandbaby.co.id

Subscribe to receive free email updates: