57 Ribu PNS Siluman, berapa kerugian negara selam 70 tahun ? menggaji PNS Siluman ini.


Pemerintah terus menertibkan data pegawai negeri sipil (PNS). Tapi ada hal mengejutkan. Yakni temuan tentang 57 ribu PNS berstatus misterius. Wow!

Puluhan ribu PNS itu dianggap misterius karena mendapat gaji setiap bulan, namun orangnya fiktif. Bahkan mereka mendapatkan gaji ke-13.

Menurut Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, puluhan ribu PNS berstatus misterius itu terungkap dari Pendaftaran Ulang Pegawai Negeri Sipil melalui sistem online atau e-PUPNS. “Dari pendataan e-‎PUPNS per 4 Maret, kami temukan 57.724‎ PNS tidak jelas identitasnya alias misterius," katanya kepada JPNN, Kamis (21/4).

Bima memerinci, berdasarkan e-PUPNS Januari 2016 terdapat 93.721 PNS yang tidak mendaftar ulang. Dari angka itu, 35.997 PNS di antaranya diusulkan oleh instansi asalnya.
Selain itu ada yang terlambat mendaftar 12.619 orang. Tetapi ada juga yang sudah tidak aktif tapi datanya masih ada dalam database.

"Sebabnya macam-macam, ada yang meninggal, pensiun, diberhentikan, dan lain-lain. Nah ada 57.724 yang belum bisa dijelaskan statusnya. Ini yang disebut misterius," terangnya.
Bima menambahkan, e-PUPNS sudah ditutup dan tidak diperpanjang lagi.‎ Pasalnya, perpanjangan pendaftaran telah dilakukan beberapa kali oleh BKN.

Bisa dibayangkan berapa kerugian negara selam 70 tahun ini? Memberi gaji pada PNS Siluman ini? 

Sumber : majapahitpos.com

Subscribe to receive free email updates: