9 Benda Ini Datangkan Keuntungan Besar Ketika Jadi Investasi



Mendengar kata investasi pasti langsung terpikir reksadana, deposito, atau properti. Ternyata, investasi tidak melulu dengan produk finansial tersebut, karena beberapa benda yang tidak terbayangkan sebelumnya ini bisa dijadikan investasi, bahkan memiliki keuntungan sangat besar.

Berinvestasi merupakan sebuah keharusan di zaman modern seperti sekarang ini. Apalagi dengan inflasi yang semakin tinggi, uang tabungan di bank dengan bunga rendah menjadi kurang bernilai pada 10 atau 20 tahun ke depan.

Orang-orang yang terbiasa berpikir out of the box menjadi semakin kaya melalui beragam sarana investasi yang tidak dilirik orang lain. Mungkin Anda bisa menjadi salah satu dari mereka dengan mengikuti sembilan jejak investasi unik berikut ini.

Berikut 9 benda unik yang bisa jadi investasi besar, seperti dikutip dari CekAja.com, Jumat 4 Maret 2016.

Karya seni
Bukan rahasia lagi jika harga sebuah lukisan bisa sangat fantastis di pelelangan. Lukisan-lukisan yang bernilai tinggi biasanya merupakan karya pelukis terkenal, memiliki nilai historis, berusia tua, dan langka. Sebuah lukisan bahkan tidak akan kehilangan harganya meski ekonomi sedang sulit. Lukisan biasa yang kamu simpan hari ini bisa jadi memiliki nilai jual tinggi berpuluh-puluh tahun kemudian. Tak heran kolektor lukisan sering dianggap sebagai orang berduit.

Memorabilia olahraga
Harga memorabilia olahraga telah terus meningkat selama beberapa dekade terakhir. Bola, stik, kaus, helm, raket yang ditandangani oleh pemain terkenal selalu berhasil menarik keuntungan lebih besar. Selain memprediksi siapa pendatang baru yang akan menjadi superstar beberapa tahun ke depan, alat-alat olahraga yang langka juga merupakan sarana investasi yang menjanjikan. Semakin langka dan semakin bernilai benda tersebut, maka semakin banyak pula pundi-pundi yang kamu hasilkan.

Buku komik
Pada Agustus 2014, buku komik Superman No.1 terjual hingga US$3,2 juta atau setara dengan Rp44 Miliar di eBay. Edisi tersebut merupakan edisi pertama Superman. Harga fantastis tersebut langsung bisa membuat sang pemilik kaya raya. Waktu terbaik untuk mengoleksi komik adalah 20 tahun lalu, dan waktu terbaik kedua adalah sekarang. Jadi, rawat koleksimu karena benda sesederhana komik pun bisa menjadi permata di kemudian hari.

Koin
Koin memang tampak bernilai kecil. Tapi kalau kamu punya koin perunggu Lincoln keluaran tahun 1943, harga taksirannya bisa mencapai US$1,7 juta atau setara dengan Rp23,5 Miliar, dalam sebuah lelang pada September 2010.

Wine
Semakin tua usia wine, semakin mahal harganya. Bahkan beberapa analis mengklaim harga beberapa merek wine lebih stabil dari saham di pasar saham. Tentu saja kamu harus paham tata cara penyimpanan wine jika ingin invetasimu bernilai.

Mainan
Action figure Star Wars Luke Skywalker dengan telescoping lightsaber keluaran tahun 1976 kini dihargai US$1.000 atau sekitar Rp14 juta. Belum cukup fantastis? Kalau kamu punya koleksi action figure Boba Fett lengkap dengan roketnya, kini mainan tersebut dihargai US$22.500 atau Rp318,7 juta di situs eBay.

Buku langka
Edisi pertama buku Harry Potter and the Philosopher’s Stone terjual seharga US$18.000 atau setara dengan Rp250 juta di sebuah pelelangan tahun 2007. Ini membuktikan investasi dalam bentuk buku tidak harus berupa buku antik dan kuno. Edisi pertama atau buku yang ditandatangani pengarang juga bernilai di mata kolektor.

Peninggalan perang dunia
Senjata, bendera, medali, hingga surat-surat peninggalan perang sangat dicari oleh kolektor. Sebuah bendera saja bisa mencapai US$100.000 atau setara dengan Rp1,3 Miliar. Namun tentu saja sebelum berinvestasi benda-benda ini, kamu harus memahami benar cara perawatannya yang tidak sembarangan.

Mobil klasik
Mobil klasik merupakan aset berharga. Semakin langka, semakin mahal harganya. Shelby keluaran 1969 nilalnya bisa menembus US$185.000 atau Rp2,5 Miliar. Saat mereparasi mobil antik, pastikan jika aksesoris aslinya tidak diubah karena itulah yang membuat mobil antik makin bernilai.

Sumber : money.id

Subscribe to receive free email updates: