BAGI IBU-IBU YANG PUNYA BAYI JANGAN BIARKAN ANAK ANDA "NGEDOT" SAAT TIDUR...!!! INI BISA BERDAMPAK BURUK BAGI KESEHATANNYA!



Umumnya bayi atau balita yang minum dari botol susunya juga “ngedot” atau minum susu dari botol waktu ia tidur. Namun, ini tak baik bila dilewatkan. Ngedot sambil tidur bisa memberi efek jelek untuk kesehatan anak Anda.

Apabila dot kurang baik, masalah muncul bila susu tetap keluar meskipun anak tak menyedot, umpamanya karena tertidur. Di segi lain, waktu anak tidur otot-ototnya jadi santai, termasuk juga otot yang membuat saluran eustachius hingga saluran itu terbuka. Nah, susu yang tetap keluar tadi bebrapa dapat bukannya tertelan, tetapi masuk kedalam saluran eustachius serta memenuhi rongga pada telinga tengah. Hal semacam ini mungkin saja terjadi, terlebih pada anak yang menyusu botol dalam kondisi berbaring.

Diluar itu anak dapat alami sakit gigi akibat gigi berlubang. Apabila susu dibiarkan merendam gigi sangat lama dan bertemu kuman, jadi akan beralih menjadi asam. Asam itu bakal merusak permukaan susunan gigi anak, lalu gigi mengalami pengikisan serta berlubang. Rusaknya gigi seringkali berlangsung di empat gigi paling depan atau umum disebut gigi susu karena anak terbiasa menahan dot botol dengan giginya itu dan lidahnya.

Ngedot sambil tidur dapat juga membuat anak obesitas atau kegemukan. Bayi yang tidur sambil ngedot atau minum susu dari botol berisiko 30 % lebih tinggi mengalami obesitas pada usia 2 th.. Diluar itu, bayi juga diprediksikan akan alami masalah terkait pola makan serta nafsu makan saat dewasa.

Hal ini ditemukan oleh Ben Gibbs, profesor sosiologi di Brigham Young University. Menurut Gibbs, ini berarti bayi yang meminum susu formula saat tidur mengalami kesulitan untuk mengontrol nafsu makan mereka ketika beranjak dewasa.

Untuk mencegah hal-hal tersebut diatas, jadi orangtua mesti memperhatikan segala sesuatu dalam memberi susu pada anaknya. Sebaiknya berikan ASI saja waktu anak berusia 0-6 bln., teruskan ASI sampai 2 th. usia anak. Berbeda dengan botol susu, ASI apabila akan berhenti mengeluarkan air susu jika tidak dihisap bayi.

Bila terpaksa menggunakan botol susu, berikan botol susu yang bekerja mirip ASI. Bila Anak tertidur waktu menyusu dari botol, tarik perlahan botol susu dari mulutnya, agar tak terbiasa ngedot saat tidur.

Sumber : sehat-barokah.com

Subscribe to receive free email updates: